20 Februari 2012

PNPM MERUBAH WAJAH DESA TELAGA


(Pembangunan Cekdam dari PNPM-MPd di Dusun Teladan Desa Telaga kecamatan Lenangguar Kabupaten Sumbawa Besar)
Pemb. Chekdam di Dusun Teladan Desa Telaga. 
Memberikan manfaat untuk para Petani di desa  Telaga
Desa Telaga merupakan bagian dari Kecamatan Lenangguar Kabupaten Sumbawa Besar, yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai buruh tani dan  petani pemilik lahan. Desa Telaga telah menikmati berbagai prasarana yang telah dibangun dan SPP untuk kelompok perempuan oleh PNPM-MPd sejak tahun 2009. Berbagai prasarana tersebut antara lain satu unit talud dan jalan antar dusun dengan total panjang 9 km, serta dua unit cekdam. Adapun manfaat cekdam yang dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat untuk meningkatkan hasil pertanian dan merubah pola tanam yang selama ini satu kali tanam karena kekurangan air menjadi tiga kali setahun, sehingga memungkinkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan warga desa Telaga pada khususnya.  

Apa yang diimpikan oleh warga desa  Telaga bukan sekedar mimpi tapi kini menjadi kenyataan dengan telah selesainya pelaksanaan pembangunan cekdham yang ada di dusun Teladan. Walaupun baru beberapa bulan berjalan manfaat cekdham yang telah dibangun oleh PNPM-MPd sangat dirasa.   Terasa sekali perbedaan yang dirasakan oleh petani yang ada di Desa Telaga maupun yang ada diluar desa karena tidak lagi kekurangan air atau harus berebut air untuk meningkatkan hasil tanamnya. “Terima Kasih Pak” kalimat itu terlontar dari mulut  salah satu warga Desa Telaga kepada PJOK PNPM Kecamatan Lenangguar. Kalimat tersebut bisa mewakili gambaran rasa sukur warga Desa Telaga kepada PNPM  yang  telah  memfasilitasi pembangunan sejumlah  infrastruktur di Desa Telaga. semua bangunan tersebut telah dinikmati oleh masyarakat dan Keberadaannya  telah merubah pola hidup masyarakat sehari-hari, tingkat produksi pertanian meningkat dengan adanya chekdam yang selama ini pola tanam 1x setahun menjadi 3x setahun, dan  akses jalan antar dusun menjadi lancar. 
Jalan Antar Dusun telah dimanfaatkan keberadaannya oleh masyarakat desa Telaga
Kepala Desa Telaga Mustaram menyatakan PNPM merupakan program yang dalam pelaksanaannya melibatkan masyarakat secara langsung telah memberikan pelajaran yang berharga  bagi masyarakat,  sehingga masyarakat menjadi mengerti tentang tahapan pelaksanaan kegiatan pembangunan di desa. Hal tersebut dengan sendirinya meningkatkan rasa memiliki oleh masyarakat terhadap infrasturktur yang ada di desa.  “Atas nama masyarakat desa Telaga kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah membantu masyarakat di desa.  “Kami sangat bersyukur dengan adanya PNPM-MPd yang hadir di desa kami dan sekarang kami merasakan manfaatnya serta harus terus dipelihara sehingga dapt dimanfaatkan oleh anak cucu kita dimasa yang akan datang dengan kondisi prasarana yang tetap terjaga dengan baik. 
 Menyinggung apakah selama ini ada persoalan yang muncul selama keberadaan PNPM di desanya Mustaram mengatakan sejak tahun 2009 sampai dengan saat ini belum ada persoalan yang cukup serius . itu dikarenakan pelaksanaan kegiatan yang  memakai pola dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat menjadikan PNPM sangat cocok dengan pola yang diinginkan oleh masyarakat selama ini selain itu juga ada  tim yang dibentuk oleh desa untuk melakukan pemantauan dan pemeliharaan terhadap infrastruktur yang dibangun . 
Untuk tahun 2012 di desa telaga akan membangun Draenase lingkungan Saluran irigasi dan poskesdes itu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat untuk peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya desa Telaga. Mustaram berharap kepada masyarakat untuk mendukung program ini agar terlaksana dengan baik dan lancar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar