25 Februari 2014

HABIS GELAP TERBITLAH TERANG

oleh : Ahmad Syafruddin, ST (FK. Kecamatan Sekongkang)

Desa Tatar yang berada di Kecamatan Sekongkang, Sumbawa Barat dulunya adalah lokasi transimigrasi UPT Tongo I SP II, pada 6 Juni 1996 kemudian didefinitifkan menjadi desa Tatar melalui tata praja pemerintahan yang sah, dan terdiri dari 3 (tiga) dusun. Secara geografis Desa Tatar berada di Selatan Kabupaten Sumbawa Barat, mengitari pantai dan berbatasan langsung dengan laut lepas Hindia Belanda. Jumlah penduduk berdasarkan data statistik desa mencapai 231 KK atau setara 1.001 jiwa, terdiri dari 468 laki-laki dan 129 perempuan. Sebanyak 140 KK termasuk rumah tangga miskin (RTM).
Selama belasan tahun, sejak terben-tuk hingga 2008 lalu, penduduk Desa Tatar belum pernah menikmati fasilitas penerangan listrik. Masyarakat mengan-dalkan lampu tempel untuk menerangi rumah dan lingkungan mereka. Kondisi seperti ini sangat merugikan masyarakat dari berbagai sisi, termasuk di dalamnya tidak nyaman bagi anak-anak sekolah untuk belajar di malam hari, kesulitan penerangan di jalan yang sangat diperlukan, terutama bila ada anggota masyarakat yang mengalami darurat kesehatan (sakit, melahirkan) untuk menuju fasilitas kesehatan. Belum lagi harga minyak tanah yang kian melambung, menjadi beban tersendiri. Selain repot dan mahal, penggunaan lampu tempel yang berbahan bakar minyak tanah ini juga menyimpan ancaman bahaya kebakaran, apalagi rumah penduduk yang sebagian besar terbuat dari kayu dan bilik bambu sangat mudah terbakar . Di sisi lain, lampu tempel juga menghasilkan jelaga yang tidak menyehatkan, terutama untuk pernafasan. Pada Tahun 2008 muncullah secercah harapan masyarakat akan terpenuhinya kebutuhan penerangan. Harapan itu muncul setelah di Kecamatan Sekongkang hadir Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM–MPd) , program pemerintah yang mengakomodir semua usulan masyarakat yang berkenaan dengan kebutuhan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lainnya.
Dana anggaran tahun anggaran 2009 memberi kesempatan masyarakat Desa Tatar untuk mengusulkan pengadaan genset untuk listrik Desa, sebanyak 3 unit yang akan dimanfaatkan untuk 3 dusun, sehingga satu dusun bisa memanfaatkan 1 unit mesin genset. Kegiatanpun dimulai, Desa Tatar mendapatkan alokasi dana PNPM MPd TA 2009. Pengadaan genset dan jaringan ke rumah-rumah warga dibuat. Sejak saat itu harapan akan kehidupan yang terang, aman, dan nyaman bisa terwujud. Hingga kini, kehidupan masyarakat Desa Tatar sangat nyaman dengan hadirnya mesin genset tersebut. Untuk pengelolaan listrik, masyarakat membahasnya melalui musyawarah desa. Dalam musyawarah tersebut juga disepakati struktur organisasi kepengurusan beserta tupoksinya dan awik-awik yang mengiringi operasional perawatan mesin tersebut. Untuk biaya operasional, mereka menarik iuran bulanan dari warga yang memakai listrik di rumahnya. (*)

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus